Belajar Efektif dan Fun di WaGoMu#JapaneseClass

Kerja

Cara Bikin CV Untuk Kerja Di Jepang

Cara Bikin CV Untuk Kerja Di JepangKalian yang sudah belajar bahasa Jepang, tentunya ingin kerja di Jepang dong. Nah dalam persiapan untuk melamar kerja, mengumpulkan CV adalah salah satu hal yang wajib untuk diberikan ke pihak perusahaan agar mereka dapat mengetahui tentang kita secara garis besar. Untuk kalian yang sedang bersiap-siap untuk bekerja di Jepang mungkin sekarang sedang kebingungan dengan bagaimana cara mengisi CV dalam bahasa Jepang. Pada kali ini, aku akan mengajarkan kalian bagaimana cara mengisi CV dalam bahasa Jepang.

Curriculum vitae atau yang bisa kita kenal dengan sebutan CV disebut dengan “Rirekisho (履歴書(りれきしょ))” dalam bahasa Jepang. Bentuk dari rirekisho ini sendiri dapat dibilang sedikit kaku dikarenakan rirekisho sudah memiliki formatnya tersendiri dan bagi kalian yang ingin melamar, di Jepang kalian dapat pergi ke toko alat tulis dan membelinya langsung.

Pada artikel ini, aku akan menuntun kalian untuk mengisi CV kalian dengan baik dan benar menggunakan format CV yang bisa kalian download di sini.

1. Tanggal Pembuatan CV

Sebelum kita masuk ke kolom yang pertama, kita dapat melihat judul dari CV ini yang dituliskan pada bagian sebelah kiri atas yang bertuliskan “Rirekisho”.

Pada kolom pertama, kalian dapat mengisi tanggal pembuatan CV dengan format (Tahun/Bulan/Tanggal).

2. Pas Foto

Pada kolom kedua, kamu dapat memasukan pas foto kamu yang berwarna dan berukuran 3x4 dengan latar belakang berwarna putih.

3. Nama Lengkap


Pada kolom ketiga, kamu dapat menuliskan nama lengkap kamu dengan menggunakan alfabet apabila nama mu ditulis menggunakan alfabet. Pada kotak yang ada di atasnya kamu dapat menuliskan nama kamu dengan menggunakan katakana.

4. Tanggal Lahir dan Usia

Pada kolom keempat, kamu dapat menuliskan tanggal lahir kamu dengan format (Tahun/Bulan/Tanggal) seperti dalam pengisian tanggal pembuatan CV. Untuk usia kamu yang sekarang, dapat kamu isi di bagian yang diberikan tanda kurung.

5. Kelamin

Pada kolom kelima ini, kamu diharuskan untuk menuliskan jenis kelamin kamu. Cara penulisan jenis kelamin di kolom ini adalah dengan menulisnya dengan kanji laki-laki ((おとこ)) atau kanji perempuan ((おんな)).

6. Nomor Telepon

Pada kolom ini, kamu dapat menulis nomor telepon pribadi kamu yang dapat dihubungi.

7. Email

Pada kolom ketujuh ini, kamu diharuskan untuk menuliskan email yang aktif digunakan dan mudah dihubungi karena orang Jepang lebih suka untuk berkomunikasi formal dengan menggunakan email.

8. Alamat

Pada kolom kedelapan ini, kamu akan melihat dua kotak besar dan dua kotak kecil. Kotak kecil yang ada di sini adalah kotak furigana atau tempat untuk menulis alamat kalian menggunakan hiragana dan katakana. Pada kotak besar yang ada pada kolom ini, kamu dapat mengisinya dengan alamat tempat tinggal mu di bagian kotak besar pertama dan alamat lainnya di bagian kotak besar kedua bila kamu memiliki alamat lainnya.

9. Nomor Telepon Rumah dan Fax

Pada kolom kesembilan ini, kamu dapat mengisi nomor telepon rumahmu serta nomor fax-mu apabila kamu memilikinya.

 10. RIwayat pendidikan dan pengalamn kerja.


 Pada kolom ini kamu akan menuliskan riwayat pendidikan kamu. Kalian bisa tulis mulai dari kapan masuk sekolah atau kuliah apakah kalian pindah atau lulus? Semua kalian tulis di kolom ini. Untuk pekerjaan kalian bisa menuliskan kapan kalian mulai kerja atau pernah pindah atau mungkin kalian masih kerja sampai sekarang tuliskan juga beserta bulan dan tahunnya ya.

11. Keahlian/sertifikasi yang dimiliki.


 Pada kolom ini kamu bisa menuliskan sertifikasi kalian. Misalnya JLPT,SIM internasional,atau sertifikat skill lainnya.

12. Isi dengan kata-kata motivasi dan kalimat-kalimat tentang kelebihan kamu.


 Pada kolom ini kalian bisa menuliskan kata-kata motivasi,atau kata-kata yang  menggambarkan kalian banget. Mungkin kalian orangnya visioner,problem
 solver, atau kalian orangnya suka tantangan tulis semua disini ya.

13.Estimasi perjalanan ke kantor yang di-apply


 Pada kolom ini kalian bisa tulis estimasi waktu perjalanan dari rumah kalian ke kantor yang kalian apply. Kalau kalian masih di luar Jepang tidak apa-apa kalian kosongkan, Tapi kalau kalian sudah tinggal atau sudah tau bakal tinggal dimana kalian bisa sertakan nama stasiun terdekat dari kantor kalian.

14. Banyaknya jumlah orang yang ditanggung


 Pada kolom ini kalian cukup menulis berapa jumlah orang yang menjadi tanggungan kalian. Kolom ini berlaku untuk kalian yang sudah berkeluarga. Tapi disini tidak termasuk pasangan kalian.

15. Status nikah


 Kolom ini diisi dengan cara melingkari bila kalian sudah berpasangan lingkari kanji yang kiri kalau kalian masih lajang lingkari kanji yang kanan ya

16. Status tanggungan


 Kolom ini kalian isi sama caranya dengan kolom 15. Kalian lingkari kanji yang kiri kalau kalian memiliki pasangan yang tidak bekerja, kalau tidak ada lingkari yang kanan ya.

17. Isi dengan ekspetasi seandainya diterima.


 Kolom ini kalian isi dengan ekspektasi kalian kalau kalian diterima di perusahaan tersebut. Contohnya mungkin kalian ingin menduduki posisi di perusahaan tersebut. Atau mungkin kalian pengen dapat kesempatan untuk dinas keluar negeri. Tulis semuanya di kolom ini ya.

       Nah CV kalian dalam bahasa Jepang sudah jadi!. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kalian yang pingin kerja di Jepang biar mereka juga tahu cara mengisi CV Jepang kaya gimana.


Kontak Aku kesini yaa:

Komentari Artikel Ini

Komentar

  • Baik

    Diposting oleh Aangkunaepi pada 2024-02-21 19:30
  • Terima kasih banyak atas sharing ilmu cara penulisan CV berbahasa jepangnya sangat terbantu....oiya yang saya tanyakan dalam pengisian cv ini memakai tulisan tangan atau pakai laptop/PC ya kak?

    Diposting oleh Gunawan pada 2023-12-15 20:21

J-Class, pernah diliput di :