Belajar Efektif dan Fun di WaGoMu#JapaneseClass

Kerja

Hati-hati RIBA ! Kerja di jepang pake Dana Talang = UTANG

Dana Talang = RIBA
Hati-Hati RIBA !!!
Dana Talang itu = UTANG Bank dan Koperasi

---

Heran sih, banyak banget orang yang ingin kerja ke Jepang, tapi karena merasa gak punya uang untuk biayanya, akhirnya dia sekuat tenaga nyariin lembaga yang katanya nyediain "dana talang" alias "utang".

Cerita ini tuh sebenernya sama aja kayak orang yang ingin mulai usaha sendiri tapi gak punya modal dan akhirnya dia pun memutuskan untuk pinjem modal ke bank, supaya bisa memulai usahanya.

Sayangnya, gak ada satupun bank atau koperasi yang akan minjemin modal sama orang yang gak punya jaminan kan. Kalo seandainya gak punya aset untuk dijaminkan, minimal pihak bank akan minta track record usahanya, kalo misal usahanya ternyata udah berjalan, pihak bank mungkin mau tuh minjemin utang sama dia, karena bank melihat proyeksi dari valuasi usahanya itu.

Atau, ada opsi lain yang masih bisa diperdebatkan adalah menjaminkan nilai kontrak projek suatu pekerjaan. Misal, saat si A dapet kontrak tender project untuk bangun perumahan, namun si A gak punya duit alias kurang uang buat modalin bikin perumahan tersebut, si A bisa aja ngajuin kredit ke bank dengan jaminan kontrak pekerjaan tersebut kan.

--

Nah, Dana Talang yang digunakan di lembaga penyalur TKI itu, kebanyakan memang bukan uang milik si lembaga yang dipinjemin lho, melainkan uang bank atau koperasi yang bekerja sama dengan mereka.

Terus, kalo lembaganya udah kerja sama dengan bank atau koperasi, berarti kamu/siswa yang mau nyari kerja lewat lembaga tersebut akan otomatis dapet dana talang gitu ?! Ya NGGAK LAH!!

Kecuali,

kalo kamu kasih jaminan aset (sertifikat rumah, tanah, atau apa gitu) dari awal. Lah, kalo gak punya aset untuk dijaminkan gimana donk ?

Tenang... Kalo kamu udah lulus test interview user & dapet kontrak kerja di jepang, kamu bisa kok menjaminkan kontrak kerja tersebut ke bank ataupun koperasi. Sama aja kayak si A yang minjem duit buat bangun project perumahan tadi kan.

Kok gitu sih ?

Ya emang begitu kan, emangnya menurut kamu, Bank atau Koperasi mana yang mau kasih utang tanpa jaminan apapun ?! NGGAK ADA woy !!

Satu-satunya PIHAK yang bisa ngasih kamu pinjaman utang tanpa harus kasih jaminan adalah IMF. iya, Istri , Family dan Mertua (IMF) kamu sendiri.

Minjem ke temen, harus ada jaminannya juga lho. Iya, Jaminannya adalah kepercayaan, kalo kamu gak bayar utang ke temenmu, pertemananmu akan auto hilang. Apalagi kalo pas ditagih, malah lebih galakan kamu-nya.

Saranku, kalo kamu gak punya jaminan apapun, dan gak yakin bisa bayar kapan, mending nyari dana talangan atau utang nya ke IMF aja. Sekalipun gak bayar, IMF mu gak bakal hilang dan nyoret nama kamu dari KK kok, resikonya cuman satu, keluargamu bakalan rada gak akur aja. Paling banter, Bakal kucing-kucingan saat Hari Raya aja kan. wkwkwk

---

Nah, pertanyaannya...

Kalo kamu gak punya duit untuk biaya masuk lembaga, Bisa nggak sih kerja ke Jepang tanpa harus pake dana talang alias utang ?! Jawabannya, BISA !!

Ini, sama aja dengan orang yang mau mulai usaha tapi gak bisa & gak mau pake modal utang dari bank ataupun koperasi. Takut Riba & usahanya nanti Gak Berkah cenah. Hehe

Terus caranya gimana ?!

GAMPANG !!

 Pertama, isi OTAK kamu dengan soft skill. kalo kamu mau kerja di Jepang, ya minimal harus bisa bahasa Jepangnya donk. Saranku, JANGAN masuk lembaga manapun kalau belum punya N4. Apalagi kalau belum dapet kepastian kapan dapat job & bisa berangkat ke Jepangnya. Nih ya, dapetin N4 doank mah, GAMPANG !! kamu mau belajar sendiri atau belajar secara online di sambil kerja, di sambil ngapain juga bisa kok.

Kenapa harus N4 ? Karena lembaga manapun, butuh kandidat yang udah punya N4.

Kedua, Berjuanglah dengan gigih.    Lakukan Pitching alias Jualan Skill kamu ke semua konsumen yang mungkin mau beli. Saat kamu memulai bisnis sendiri tanpa utang, modalmu mungkin kecil, tapi kalo kamu gigih buat jualan & bisa ngatur uang, gak sedikit lho pengusaha yang dulu modalnya kecil, bahkan cuman modal kepercayaan, sampe sekarang bisa jadi sebuah perusahaan yang berkembang terus. WaGoMu, salah satunya.

Terus, apa urusannya dengan yang mau kerja ke Jepang ? OK, kamu mau kerja ke Jepang itu, apa sih yg kamu Jual ?! Tenaga (Badan) sama Skill (Otak) kamu kan ?!

JUAL aja-lah itu badan & otak kamu supaya ada yang mau mempekerjakan kamu di Jepang, tentu harus dengan cara yg legal donk ya.

Kalo kamu punya attitude yang baik, punya badan yang sehat & otak yang memang ada isinya, apalagi punya semangat & daya juang yang tinggi untuk bekerja di Jepang, kamu pasti bisa dapetin tender KONTRAK Kerja di Jepang kok. Mau jalur Visa magang, Visa Tokutei Ginou (SSW) atau Visa Kerja Profesional sekalipun..

Nah, kalo kamu udah dapet tender kontrak kerjanya, dan merasa gak punya biaya untuk berangkat ke Jepang nantinya, tinggal kamu bawa lah itu kontrak untuk dijadikan jaminan utang, alias dapetin dana talang dari Bank atau Koperasi manapun.

FYI : Ini juga yg dilakukan PNS untuk dapetin utangan kan. SK nya mereka, bisa dijadikan jaminan utang.

Duh, riba donk kalo gitu ?!

Hey, Bambang !!

Dari awal, niat kamu nyari lembaga yg punya dana talang itu, itu berarti kamu udah diniatin nyari utangan. Udah jelas RIBA, dari awal itu, Gu*bl*k.....

Silahkan disebarkan,

Bilang aja, ini tulisan Admin WaGoMu #JapaneseClass

 Kalian bisa juga check video kita ver Youtubenya mengenai dana talang berikut :


Kontak Aku kesini yaa:

Komentari Artikel Ini

Komentar

    No Comments To Display

J-Class, pernah diliput di :