Belajar Efektif dan Fun di WaGoMu #JapaneseClass

2022-11-18

Latihan Bicara Bahasa Jepang.



       Kalian yang pengen fasih bahasa jepang, pasti pernah kepikiran “Gimana caranya ya?”

  Kalian tau gak kenapa orang-orang yang pernah tinggal atau temenan sama orang jepang lebih fasih dibanding kalian yang belajar dari buku doang?. Padahal jam belajar nya sama tapi kok hasilnya bisa beda jauh ya?

  Maka itu hari ini Aku pengen kasih kalian tips buat Latihan ngomong Bahasa Jepang yang bisa bikin kalian fasih..

1. BACA Tulisan Apapun dengan Mulut Bersuara, Minimal terdengar oleh Telinga Sendiri.

   Misal, kalian abis baca manga atau anime dan dengar kalimat yang terngiang-ngiang di otak kalian. Jangan takut, Ucapin kalimat itu dengan lantang.

  Jangan malu karena alasan terbesar orang enggak mau buat bicara dengan bahasa asing adalah mereka malu dan takut salah.

  Maka itu dengan kamu mengucapkan kalimat dengan lantang. Selain kamu ngelatih pengucapan nya kamu ngelatih kepercayaan diri juga biar berani ngobrol dengan bahasa yang udah cape-cape kalian pelajari. Kalau emang kamu salah emang kenapa?

Namanya juga belajar.

  Jadi KALIAN sebagai orang yang belajar jangan takut salah. Jangan MALU buat salah.

  Karena Salah ada proses dari pembelajaran juga. Kalian HARUS lebih baik dari hari kemarin.

2. UCAPKAN Kembali apapun frase/kalimat yg Kamu dengar, dengan cara yang sama, sampai terdengar oleh telinga sendiri

   Yang poin kedua 2 ini, adalah tips yang bisa aku kasih buat kamu yang pengen banget bisa ngomong kaya 日本人 (Nihonjin) beneran. UCAPKAN kembali frase/kalimat yang kamu dengar. Caranya WAJIB sama dan WAJIB bisa kamu dengar dengan telinga kamu sendiri. Misal abis nonton anime dan denger ada kata 雨 (Ame) ini kalian ulang ngucapin AME sampe bener intonasinya. Setidaknya terdengar dengan telinga kita sendiri, kalau di telinga kita aja udah kerasa aneh, apalagi di telinga orang Jepang.

  Namanya belajar bahasa, dan bahasa apapun itu pasti bakal makan waktu kalau kalian bercita-cita buat bisa ngomong bahasa itu, jadi kalian harus giat latihan ya. Karena pengetahuan tata bahasa doang gak bikin kalian secara ajaib jago ngomong. Kalau kita tidak berada di lingkungan yang memungkinkan untuk ngobrol langsung sama orang Jepang, kita bisa latihan sendiri menggunakan cara tadi ya.

  Mereka yang kerja di Jepang terpaksa harus bicara bahasa Jepang, jadinya tiap hari mereka latihan ngomong dan mereka juga ngedengerin native ngomong. Jelas mereka jadi kebawa Accent orang Jepang.