Belajar Efektif dan Fun di WaGoMu #JapaneseClass

2022-11-18

Persiapan JLPT

      
        Sebagai pejuang Bahasa Jepang siapa sih yang gak pernah dengar kata “JLPT” kalau kalian baru terjun buat belajar Bahasa Jepang, mungkin istilah ini masih asing di telinga kalian.

  Jadi JLPT adalah singkatan dari Japanese Language Proficiency Test. JLPT bisa dibilang sertifikasi pengukur kemampuan bahasa Jepang. Anggap saja semacam TOEFL dalam bahasa Inggris. Nah JLPT dibagi levelnya jadi N5 yang terendah sampai N1 yang tertinggi. Nah, jika kalian ingin kerja di Jepang, kalian tau gak sih seminimal-minimalnya kalian harus punya Sertifikat N4? Sepenting itu lah JLPT guys.

  Sayangnya JLPT itu diadakan 2 kali dalam satu tahun, yaitu di bulan juli dan desember. Jadi kesempatan mengikutinya ujiannya masih terbatas. Maka sebab itu, aku ingin kasih tips & trick buat kamu yang mau ikut JLPT ya.

1. Berdoa.

  Yes berdoa sesuai kepercayaan kalian masing-masing, Berdoa itu melepaskan beban pikiran kalian. Mungkin kalau kalian yang udah kecapean karena tiap hari baca buku materi. Coba kalian berdoa untuk meringankan beban pikiran kalian.

2. Belajarnya ga perlu mendadak

  Kalian yang masih suka belajar di dekat dekat hari H, coba hilangi kebiasaan ini. Usahakan lakukan persiapan dari jauh jauh hari. Untuk menghafalkan kosakata dan kanji kalau kalian cepat cepat tidak aneh kalau nanti ada yang keluar lagi dari kepala ya. Jadi silahkan di cicil dari jauh jauh hari yaa.

  Kalian tau gak sih, kalau istirahat adalah bentuk dari belajar juga lho. Bila kalian belajar bahasa Jepang di sela-sela bekerja, mungkin di antara kalian ada yang belajar pakai SKS (sistem kebut semalam). Sebenarnya tidak pelru melakukan SKS kak. Ingat ketika belajar bahasa Jepang, ga perlu berjam-jam dalam satu harinya. Setiap hari minimal belajar 3 menit kalau bisa lebih. Minimal 3 menit untuk apa ?. Untuk nambah kosakata baru, kalau bisa sama kanjinya. Dan ketika nemu waktu yang lebih luang kalian bisa pakai waktu itu buat latihan buat kalimat dan lain-lain. Dengan cara ini, kalian akan berkembang setiap hari ya.

3. H-1 sebelum test JLPT

  Point ini masih nyambung sama point ke-2. H-1 sebelum JLPT adalah hari dimana kalian pasti tegang-tegangnya. Usaha kalian berbulan- bulan ditentukan besok. Kalian pasti grogi dan ragu dan ngearasa harus belajar ekstra hari ini. Kalian tau gak banyak orang yang gagal JLPT karena mereka kecapean ? Kalau kalian emang udah memberikan yang terbaik buat belajar gausah takut dan TAKE A BREAK di H-1 ini.

Nonton anime baca manga atau apapun itu yang penting kalian gak nyentuh buku hari ini. Eh tapi manga juga buku ya? Maksud aku kalian gak boleh nyentuh buku Materi.

  Karena JLPT itu bukan Tes pengetahuan doang. Tapi JLPT juga nge tes Mental & Fisik kalian juga.

  Aku tau setiap orang beda-beda ada yang bisa belajar sendiri ada yang belajar harus dibantu dan dituntun, buat kalian yang merasa kesusahan dan butuh bantuan buat belajar Bahasa Jepang cek course aku ya!