Belajar Efektif dan Fun di WaGoMu#JapaneseClass

Belajar

Udah punya sertifikat JLPT, terus bisa apa ?

Udah punya sertifikat JLPT, terus bisa apa ?Guys, tau ga ada yang cuman lulusan SMK tapi karena dia punya sertifikat JLPT bisa kerja dengan GAJI BELASAN SAMPE PULUHAN JUTA ?

Iya, aku ga bohong loh. Skill bahasa Jepang itu ternyata dinilai sangat tinggi di Indonesia. Nah kali ini aku mau coba bahas mengenai JLPT dan dinilai seperti apa sih di Indonesia ?

FYI untuk yang belum tau, tadi aku sebutin sertifikat JLPT, nah JLPT itu sendiri singkatan dari Japanese Language Proficiency Test. Ya sesuai dari namanya, JLPT itu semacam test kemampuan bahasa Jepang, seperti TOEFL dalam bahasa Inggris. Untuk info detilnya aku pasang link aja yaa, check di sini.

Seperti yang aku sebutin tadi, aku kali ini akan lebih ngebahas nilai JLPT itu sendiri.  Jadi aku akan share info apa yang bisa kalian lakukan dengan sertifikat JLPT yang udah kalian dapatkan. Nah supaya lebih gampang ngegambarinnya, aku akan jabarin perlevelnya yaa. 




JLPT N5

Kita mulai dari yang paling basic yaitu JLPT N5. Di level ini kalian diharapkan udah punya basic of basic dari bahasa Jepang. Untuk kalian yang ingin lanjut belajar bahasa Jepangnya di Sekolah Bahasa Jepang (()(ほん)()学校(がっこう)) yang ada di Jepang. Untuk bisa masuk ke Sekolah Bahasa Jepang biasanya minimal kalian punya N5 yaa.


JLPT N4

JLPT N4 dianggap sebagai basic lanjutan, yah bisa dibilang kalian udah punya bahasa Jepang minimal untuk bisa bertahan hidup di Jepang. Kalau udah punya N4, peluang kerja di Jepang udah mulai terbuka nih. Iya, standar untuk bisa mengikuti program Specified Skill Worker (SSW) atau sebutan lainnya Tokutei Ginou (TG). Tapi inget, ini baru standar minimalnya yaa, jadi kalau kalian punya bahasa Jepang lebih tinggi tentu akan jadi nilai plus buat kalian.

So, untuk yang mau kerja di Jepang aku saranin paling minimal kejar N4 dulu, setidaknya kalian udah punya basic bahasa Jepang untuk bisa bertahan hidup di Jepang.

 
JLPT N3

Dengan N3 kalian udah bisa kerja di Indonesia sebagai guru/mentor bahasa Jepang di berbagai LPK. Iya, kebanyakan LPK menstandarkan minimal punya JLPT N3 buat bisa ngajar di tempat mereka. FYI, N3 ini dijadikan standar lulusan sarjana di kampus2 Indonesia lho. Makanya suka dianggap yg udah lulus N3 itu punya skill setara dengan mereka yang lulus S1 jurusan bahasa/sastra Jepang.


JLPT N2

Selamat untuk kalian yang udah lulus N2, karena memiliki sertifikat JLPT N2 itu benefitnya sangat bagus. JLPT N2 disebut2 sebagai bahasa Jepang level bisnis. Pertama kalian bisa kerja di Jepang menggunakan working visa, atau lebih tepatnya engineer/specialist in humanities/international services visa. Intinya kalian bisa kerja di Jepang dengan bidang teknik (engineer), humanities, atau international services. 

Kalau kalian ga mau kerja di Jepang dan memilih kerja di Indonesia aja, kalian bisa jadi interpreter/penerjemah. Iya, 2 pekerjaan ini dinilai sangat mahal lho, kalau boleh aku spil, kenalan aku pernah kerja sebagai interpreter selama 3 hari dan dibayar 18 jt per harinya lho, padahal dia lulusan SMA. 

Selain itu, dengan JLPT N2 pun peluang2 karir di perusahaan Jepang yang ada di Indonesia akan sangat besar. Karena kebetulan di Indonesia ada banyak perusahaan Jepang lho. Ditambah lagi ga menutup kemungkinan kalian akan di terbangkan untuk kerja di kantor pusatnya yg ada di Jepang. 

1 point lagi, yaitu lulusan JLPT N2 dijadikan standar untuk warga asing Jepang untuk melanjutkan pendidikan kuliah di Jepang. So, untuk kalian yang mengidolakan kuliah di Jepang, kejar JLPT N2nya yaa, siapa tau kalian bisa dapet beasiswa kuliah di Jepang.

Gimana ?
Menarik kan ?


JLPT N1

Hayoh siapa yang tertarik mengejar JLPT N1 ?
 JLPT N1 disebut2 sebagai bahasa Jepang level native. Meskipun orang Jepang sendiri yg bahasa Jepangnya level N1 mungkin gak sebanyak yang kalian pikirkan. Nah dengan JLPT N1 pertama potensi karir dengan hardskill bahasa Jepang akan sangat terbuka. Perusahaan2 Jepang udah pasti nyariin tenaga kerja yang lulusan N1 tentunya. 

Selain itu ada yg hanya bisa dilakukan oleh lulusan JLPT N1, yaitu apply start up visa. Iya, visa ini diperuntukkan untuk kalian yang ingin membangun perusahaan di Jepang.

 

Gimana guys ?
Aku sharing2 mengenai apa aja yang bisa kalian lakukan dengan sertifikat JLPT yang udah kalian dapetkan. Siapa tau kalian yang ragu2 buat belajar bahasa Jepang jadi termotivasi buat belajar lebih giat lagi. Atau kalian yg udah belajar jadi ingin naikin lagi skill bahasa Jepangnya. Apapun itu kalian lah yang memutuskan dan menjalaninya, tp aku akan tetap nitip 1 hal yaa, keep your lifelong learning mindset yaa. Ingat jangan sampe lupa untuk menjadi yang lebih baik dari hari kemarin !

(がん)()りましょう!


Kontak Aku kesini yaa:

Komentari Artikel Ini

Komentar

    No Comments To Display

J-Class, pernah diliput di :