Belajar Efektif dan Fun di WaGoMu#JapaneseClass

Belajar

Cara daftar JLPT

Hallo guys! pendaftaran JLPT Desember 2023 sudah dekat nih. So, kali ini aku mau sharing2 soal cara daftar JLPT, berhubung di grup2 aku akhir2 ini banyak banget yang nanyain “Kak gimana cara daftar JLPT yaa?”. Yah jadi aku buatin aja artikelnya yaa, yuk kita masuk ke pembahasan.

FYI untuk yang belum tau, JLPT itu singkatan dari Japanese Language Proficiency Test. Yaa, intinya mah test kemampuan bahasa Jepang kaya TOEFLnya bahasa Inggris ya. Nah JLPT ini memang yang paling diakui di seluruh dunia lho. So aku dan tim WaGoMu Japanese Class selalu menencourage semuanya untuk ngejar JLPT yaa.

Sekarang JLPT diadakan di berbagai kota yaa, berikut list lokasi ujian JLPT : 


*Detil lokasi test ujian bisa check di link ini yaa.
(di bagian kontak panitia ada list gedung lokasi test JLPT)

Tahun ini udah nambah lagi 1 kota yaitu Cirebon ya, padahal pas jaman aku test di tahun 2016 cuman ada di Jakarta dan Bandung. Sekarang udah diadakan di 13 kota guys, udah lebih mudah kan yaa buat ikut test JLPT. 

 Nah kita langsung lanjut ke cara daftar JLPT aja yuk

Step 1 : karena tiap daerah punya jadwal pendaftaran yang berbeda2, kalian check dulu jadwal pendaftaran di tiap daerahnya yaa. 


*Ini jadwal pendaftaran JLPT, bukan akunnya yaa

Step 2 : Kalau kalian udah buat akun JLPT lewat link ini (pembuatan akun dari tgl 22 Agustus 2023). Pembuatan akun butuh verifikasi email, cukup ikuti arahan dari websitenya juga pasti bisa kok. Kalau udah punya akunnya kita bisa lanjut ke step berikutnya.  

Step 3 : Setelah login di bagian atas website akan ada “Daftar Ujian”. Kalau kalian masuk ke halaman Daftar Ujian, kalian bisa pilih Level dan Daerah Ujian. HATI2 YA, perhatikan Level sama Daerah Ujiannya, karena sebelum2nya pernah ada yang ga merhatiin lokasi ujiannya. Di halaman list test kalian bisa click “Daftar” di sebelah kanan level dan lokasi ujian yang kalian pilih.

Step 4 : Setelah click “Daftar” kalian akan masuk formulir pendaftaran. Disini kalian cukup mengisi formulirnya aja. Kalau udah tinggal click “Menuju Pembayaran”. Saat proses pembayaran kalian tinggal ikuti aja arahan pembayaran dari websitenya.
*formulir yang udah diisi tidak bisa diubah yaa 

Step 5 : Check status pembayarannya, kalau sudah lunas status pembayaran akan berubah menjadi “Lunas” dan kalau sudah terverifikasi akan berubah jadi “Terverifikasi”. Dan kalau udah terverifikasi, baru nomor ujian muncul di “status pembayaran”. Kalau udah ada nomor ujian baru kalian udah bisa tenang, karena kalian udah fix kebagian kuota ujian. 

Step 6 : Kalian perlu print kartu ujian sebelum test JLPT. Kapan bisa diprintnya tertera di halaman Status Pendaftaran kok. Jangan lupa yaa

Step 7 : Jangan lupa check email juga yaa, penyelenggara akan mengirimkan profil beserta kode pin, dan kode pin ini akan digunakan untuk mengecheck hasil ujiannya nanti.

Begitu cara daftar JLPT guys. Gimana persiapan buat JLPTnya ? ada yang langsung daftar ? atau masih mikir2 ?
 Kalau kata aku sih mending dicoba2 aja kak, kesempatannya cuman hadir 2x dalam 1 tahun loh.. toh ga ada aturan kalau gagal ga bisa ikutan lagi yaa, jadi kalau gagal bisa dicoba lagi di periode berikutnya..

 Yuk kita terus naikin skill kita 
(がん)()りましょう!

Kontak Aku kesini yaa:

Komentari Artikel Ini

Komentar

  • Mau ikut tes jlpt

    Diposting oleh Nizam pada 2023-09-30 04:12
  • Ikutan jlpt

    Diposting oleh DIAS LESMANA pada 2023-08-24 14:36

J-Class, pernah diliput di :