Belajar Efektif dan Fun di WaGoMu#JapaneseClass

Belajar

Belajar konsep KoSoADo dalam bahasa Jepang

Konsep kosoado dalam bahasa jepangAku udah bahas materi2 bahasa Jepang, seperti cara2 mengungkapkan "tetapi", pola kalimat syarat/pengandaian, dll  Kali ini aku mau bahas sesuatu yang lebih basic lagi, yaitu soal konsep KoSoADo dalam bahasa Jepang. 

Iya, yg  aku bahas kali ini tuh basic banget dalam bahasa Jepang. Konsep KoSoADo merupakan konsep kata tunjuk dalam bahasa Jepang. Dimana dalam penggunaannya kita perlu memperhatikan posisi barang/hal yang dimaksud pembicaranya.

Pertama2 kita coba pahami apa aja itu KoSoADo. Aku coba jabarin satu2 seperti berikut yaa :

Ko : Dekat dengan pembicara
So : Dekat dengan lawan bicara
A : Jauh dari pembicara dan lawan bicara
Do : Kata tanya

Yang aku jabarin tadi itu huruf2 awalan kata tunjuk dalam bahasa Jepang guys. Ini jadi penanda lokasi dari sesuatu yang kita maksud. Tapi kata tunjuk dalam bahasa Jepang (yg menggunakan Konsep KoSoADo) itu tidak hanya 1 lho. Huruf2 setelah KoSoADo ini akan menentukan fungsi penggunaannya. Aku coba bahas satu2 yaa. 

1. Penunjuk Benda

Untuk menunjukkan benda/orang "ini", "itu", "yg mana?" kita bisa menggunakan KoSoADo berikut

これ (kore) = Ini (dekat pembicara)
それ (sore) = Itu (dekat lawan bicara)
あれ (are) = Itu (jauh dari keduanya)
どれ (dore) = Yang mana ? (kata tanya)

Contoh :
これ(あま)いコーヒーですか。
Kore wa amai koohii desu ka.
Apakah ini kopi yang manis ?

いいコンピューターの(ほん)どれですか。
Ii konpyuutaa no hon wa dore desu ka.
Buku komputer yang bagus tuh yg mana ya ?

Atau kita gabungkan langsung dengan Kata Benda juga bisa loh, pake KoSoADo berikut :

この + KB (kono + KB) = KB yg ini (dekat pembicara)
その + KB (sono + KB) = KB yg itu (dekat lawan bicara)
あの + KB (ano + KB) = KB yg itu (jauh dari keduanya)
どの + KB (dono + KB) = KB yang mana ? (kata tanya)

Contoh :
その(ほん)を1(さつ)()いたいです。
Sono hon o issatu kaitai desu.
Ingin membeli 1 jilid buku itu.

2. Penunjuk Tempat

Untuk menunjukkan tempat "di sini", "di situ", "di mana?" kita bisa menggunakan KoSoADo berikut :

ここ (koko) = Di sini (dekat pembicara)
そこ (soko) = Di situ (dekat lawan bicara)
あそこ (asoko) = Di situ (jauh dari keduanya)
どこ (doko) = Di mana ? (kata tanya)


Contoh :
そこにあるスマホを()ってくれる?
Soko ni aru sumaho o totte kureru ?
Bisakah ambilkan HP yg ada di situ ?

あそこ社員用(しゃいんよう)のトイレですよ。
Asoko wa shainyou no toire desu yo.
Di sana tuh toilet khusus pegawai lho.

Selain ここ (koko) dan kawan2nya, ada juga KoSoADo yg lainnya yg bisa mewakilkan tempat guys, dan yg ini bentuk sopannya.
Tapi fungsinya ga hanya menyebutkan tempat, dalam ranah bisnis KoSoADo ini selalu digunakan untuk menyebutkan sebutan orang/pihak (orang/pihak pertama, kedua). Bentuknya yaitu :

こちら (kochira) = Sebelah sini (dekat pembicara), atau orang pertama (aku), pihak pertama (kita)
そちら (sochira) = Sebelah sana (dekat lawan bicara), atau orang kedua (anda), pihak kedua (kalian)
あちら (achira) = Sebelah sana (jauh dari keduanya), atau orang ketiga (dia), pihak ke tiga (mereka).
どちら (dochira) = Sebelah mana ? (kata tanya), atau siapa ? 

Contoh :
マンダさん、そちら(かた)はどなたでしょうか。
Manda san, sochira no kata wa donata deshouka.
Kak Manda, orang itu siapa ya ?

公園(こうえん)あちらにありますよ。()(しょ)(かん)(まえ)です。
Kouen wa achira ni arimasu yo. Toshokan no mae desu.
Taman ada di sebelah sana lho. Di depan perpustakaan.

Ada juga bentuk kasual dari こちら dan kawan2nya ya, secara fungsinya sama, tp ini bentuk kasual, jadi dipake ke temen2 yang udah deket aja yaa. bentuknya seperti berikut :
こっち (kocchi) 
そっち (socchi) 
あっち (acchi)
どっち (docchi)

3. Penunjuk Seperti ...

Kata penunjuk yg fungsinya bisa berubah menjadi Kata Sifat yang digabungkan Kata Benda, rumusnya akan menjadi "KSな + KB" (ga harus + KB juga sih). Digunakan untuk menunjukkan "seperti". Bentuknya seperti berikut :

こんな (konna) + KB = KB yg seperti ini
そんな (sonna) + KB  = KB yg seperti itu
あんな (anna) + KB  = KB yg seperti itu (jauh ya)
どんな (donna) + KB  = KB yg seperti apa ? (kata tanya)

Contoh :
( きみ)()きな(ひと)どんな(ひと)ですか。
Kimi no suki na hito wa donna hito desu ka.
Orang yg kamu sukai, orang yang seperti apa ?


えっ?こんな(あお)(かばん)(めずら)しいですね。
Ee ? Konna aoi kaban wa mezurashii desu ne.
Eh ? Tas biru seperti ini langka ya.

4. Penunjuk Gimana

Yang ini memang agak unik, karena menunjukkan begini, begitu, dan bagaimana. Bentuknya seperti berikut :

こう (kou) = Begini
そう (sou) = Begitu
あう (au) = Begitu (yg ini kayaknya jarang banget dipake ya)
どう (dou) = Bagaimana ?

Contoh :
この(かん)()()(かた)こうですか。
Kono kanji no kaki kata wa kou desu ka.
Cara nulis kanji ini tuh begini kah ?

(かい)()明日(あした)(えん)()するのはどうでしょうか。
Kaigi wa ashita ni enki suru nowa dou deshou ka.
Rapatnya di undur ke besok bagaimana ?

5. Petunjuk Orang (kasar)

Yang ini mungkin udah pada denger dari anime atau drama kali ya. Kata ini agak ekstrim atau aku bilang kasar, karena digunakan untuk nyebutin orang tp kesannya marah atau merendahnya lumayan tinggi. Bentuknya akan jadi seperti berikut : 

こいつ (koitsu) = Bocah ini, atau こいつら (koitsura) = Bocah2 ini
そいつ (soitsu) = Bocah itu, atau そいつら (soitsura) = Bocah2 itu
あいつ (aitsu) = Bocah ono, atau あいつら (aitsura) = Bocah2 yg ono
どいつ (doitsu) = Bocah mana?, atau どいつら (doitsura) = Bocah2 mana ?

Penutup

yang kita bahas kali ini semuanya menggunakan konsep KoSoADo. Dan ternyata penggunaan konsep KoSoADo luas banget ya. Ada banyak kata tunjuk yang menggunakan KoSoADo ini. Tp awal2 pahami aja dulu konsepnya seperti apa, nanti coba2 untuk ngembangin sendiri ya. 
 Berikut ada video2 yg berkaitan dengan konsep KoSoADo : 


Atau ada juga praktekan penggunakan konsep KoSoADo di J-Sketsa berikut nih



Gimana guys pembahasan kali ini. Kalau dibilang basic, sebenernya basic banget lho. Tp klo ini ga paham bisa jadi akan kesulitan nantinya, jd pastikan udah pada paham ya sebelum belajar bahasa Jepang yang berikutnya. 

Kontak Aku kesini yaa:

Komentari Artikel Ini

Komentar

  • Sangat bagus

    Diposting oleh 8 pada 2023-10-30 12:26